Kunjungan Poltekkes Kemenkes Palu

Surel Cetak PDF

Kunjungan Mahasiswa Jurusan Kesehatan Lingkungan

Politeknik Kesehatan Palu


Penerimaan Kunjungan Mahasiswa KL Poltekkes Palu

Pada tanggal 15 sampai dengan 26 Mei 2013, Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Jakarta II (JKL Poltekkes Jakarta II) menerima kunjungan mahasiswa Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Palu (JKL Poltekkes Palu). Sebanyak 63 orang mahasiswa semester akhir didampingi oleh 5 orang dosen pembimbing melakkukan kunjungan persahabatan sekaligus melakukan praktek lapangan. Menurut Ketua Jurusan KL Poltekkes Palu, Amsal, SKM.MKes. latar belakang diselenggarakannya kegiatan ini, selain untuk mempererat tali silaturahmi antara kedua institusi, juga untuk memperkaya pemahaman mahasiswa tentang pemahaman dan aplikasi setiap materi mata kuliah keahlian di lapangan (institusi). Praktek lapangan dilaksanakan dala bentuk Praktek Dasar-Dasar Pemecahan Masalah Kesehatan Lingkungan.

Dipilihnya Jakarta sebagai lokasi praktek adalah dengan pertimbangan bahwa Jakarta sebagai kota metropolitan memiliki banyak sekali tempat-tempat untuk tujuan praktek lapangan seperti industri, hotel, rumah sakit dan tempat-tempat umum. Diharapkan mahasiswa peserta kunjungan dapat mendapatkan gambaran tentang implementasi ilmu kesehatan lingkungan pada tempat-tempat yang sesuai dengan setiap mata kuliah keahlian.

Pada awal kegiatan, mahasiswa JKL Poltekkes Palu melakukan orientasi ke beberapa fasilitas laboratorium yang ada di JKL Poltekkes Jakarta II. Sarana-sarana yang dikunjungi antara lain: laboratorium kimia lingkungan, laboratorium mikrobiologi lingkungan, laboratorium parasitologi, bengkel kerja dan perpustakaan. Selain itu juga diselenggarakan tatap muka dengan jajaran BEM JKL Poltekkes Jakarta II dengan acara perkenalan dan diskusi seputar kegiatan perkuliahan dan organisasi kemahasiswaan.

Dialog Mahasiswa KL Palu dengan BEM JKL Jakarta

Pada kegiatan praktek lapangan, mahasiswa JKL Poltekkes Palu antara lain melakukan kunjungan ke PDAM Bekasi, TPST Bantar Gebang, RS Harapan Kita, RS Persahabatan, PT Ethos dan Hotel Kartika Chandra. Untuk praktek sanitasi tempat-tempat umum, mereka melakukan observasi sekaligus rekreasi ke Kebun Raya Bogor, Monumen Nasional dan Taman Impian Jaya Ancol (Dufan).

Selama melakukan kegiatan di Jakarta, mahasiswa didampingi oleh dosen pembimbing dari Palu antara lain Endro Subagyo, SKM.MKes., Amsal, SKM.MKes., Andi Bungawati, SKM.MKes., dan Herlinawati, SKM.MSc. Pada setiap kunjungan, mereka juga diampingi oleh dosen dan fasilitator dari JKL Poltekkes Jakarta II.

Kunjungan Mahasiswa KL Palu Ke TPST Bantargebang


Penutupan kegiatan dilakukan pada tanggal 24 Mei 2013 di Aula JKL Potekkes Jakarta II. Dalam sambutannya, baik Ketua JKL Poltekkes Jakarta (Budi Pramono, SKM.MKes.), Ketua JKL Poltekkes Palu (Amsal, SKM.MKes.) maupun Direktur Poltekkes Jakarta II (Antonius Sri Hartono) berharap kegiatan tersebut dapat mempererat tali silaturahmi antara kedua institusi dan juga memberi pengalaman yang cukup kepada mahasiswa Palu tentang implementasi ilmu kesehatan lingkungan di lapangan. Acara penutupan juga dimeriahkan dengan tampilan tari dari mahasiswa Jakarta dan Palu serta persembahan lagu dari dosen Jakarta dan Palu.

Kolaborasi Dosen KL Palu dan Jakarta


 

Informasi Lowongan

1,144,572 hitsVisitors Counter