Sejarah Teknik Elektromedik - Sejarah TEM

Surel Cetak PDF
Indeks Artikel
Sejarah Teknik Elektromedik
Direktur dan Ketua Jurusan
Lulusan
Analisis
Peta Interaksi Keilmuan
Lain -Lain
Seluruh halaman

 

ANALISIS

Untuk memfocuskan aktifitas organisasi jurusan teknik elektromedik, disamping misi diperlukan arah yang jelas yang akan dituju oleh organisasi jurusan Teknik Elektromedik dimasa depan ( 5 thn kedepan ). Visi organisasi jurusan Teknik Elektromedik memberikan gambaran kondisi yang akan dicapai oleh organisasi jurusan Teknik Elektromedik dimasa depan melalui misi yang telah dipilih oleh organisasi jurusan Teknik Elektromedik. Tanpa arah umum yang akan dituju dimasa depan, misi organisasi jurusan Teknik Elektromedik yang telah ditetapkan tidak akan membawa organisasi jurusan Teknik Elektromedik kearah manapun.

Oleh karena organisasi jurusan Teknik Elektromedik terdiri dari karakter dan spesifikasi, yang memiliki masa depan, agar organisasi jurusan Teknik Elektromedik efektif, maka diperlukan visi yang memberikan gambaran umum arah yang akan dituju bersama anggota/karyawan Teknik Elektromedik. Dengan visi, masing-masing anggota/karyawan dapat memberikan kontribusinya sesuai dengan spesialisasinya masing-masing dalam mewujudkan apa yang digambarkan dala visi jurusan Teknik  Elaktromedik. Dalam merumuskan visi organisasi jurusan Teknik Elektromedik perlu memiliki kemampuan untuk

  1. Trend watching, yaitu organisasi jurusan Teknik Elektromedik mempunyai kemampuan untuk mengamati perubahan yang akan terjadi dimasa yang akan datang, dengan kemampuan tersebut organisasi jurusan Teknik Elektromedik mampu untuk mendeteksi arah perubahan yang akan terjadi dimasa depan dan berbagai peluang yang disembunyikan secara brilian sebagai masalah-masalah yang tidak dapat dipecahkan, kamampuan sebagai trendwatcher menuntut kompetensi tinggi dibidang ilmu dan pengetahuan yang berkaitan dengan sesuatu yang diamati.

Secara garis besar ditandai dengan meningkatnya empat proses berikut ini; mobilitas, keserentakan, pencarian jalan bebas hambatan, dan pluralisme, jika dimasa lalu  hanya modal yang mengalir secara lancar kehampir semua kegiatan, sekarang telah memperluas proses mobilitas kesumber daya manusia dan ide. Meningkatnya keserentakan diera globalisasi diperkiraan akan menuntut organisasi jurusan Teknik Elektromedik untuk memiliki kemampuan berubah dengan cepat manakala lingkungan menunutut perubahan. Dengan semakin turbulennya lingkungan, organisasi jurusan Teknik Elektromedik memerlukan kecepatan merespon terhadap setiap perubahan yang terjadi. Sehingga  wewenang pengambilan keputusan  berada di karyawan yang dekat dengan lingkungan yang dihadapinya. Perumusan visi organisasi jurusan Teknik Elektromedik yang memasuki lingkungan institusi pendidikan yang global, yang tidak mempertimbangkan semakin meningkatnya mobilitas, keserentakan, pencarian jalan bebas hambatan dan pluralism, akan menjadikan visi sebagai peta perjalanan yang tidak pas dengan trend perubahan lingkungan yang dihadapi oleh organisasi jurusan Teknik Elektromedik

  1. Envisioning, yaitu kemampuan organisasi jurusan Teknik Elektromedik untuk merumuskan visi berdasarkan hasil pengamatan terhadap trend perubahan yang akan terjadi dimasa depan, envisioning merupakan kemampuan organisasi jurusan Teknik Elektromedik untuk menggambarkan pikiran organisasi jurusan Teknik Elektromedik yang melampaui realitas sekarang, kemampuan organisasi jurusan Teknik Elektromedik untuk menggambarkan suatu yang akan diciptakan yang belum pernah ada, dan kemampuan organisasi jurusan Teknik Elektromedik untuk menggambarkan kondisi baru yang belum pernah organisasi jurusan Teknik Elektromedik alami sebelumnya.

Dalam menghadapi lingkungan yang turbulen seperti sekarang ini, organisasi jurusan Teknik Elektromedik senantiasa perlu menjalani perubahan, tanpa memiliki kemampuan untuk berubah, organisasi jurusan Teknik Elektromedik akan terlindas oleh perubahan itu sendiri. Visi pada hakekatnya adalah perubahan, dan untuk mewujudkan perubahan tersebut diperlukan suatu perjalanan. Linkungan pendidikan telah, sedang dan akan senantiasa mengalami perubahan sesuai tuntutan dari costumer. Organisasi jurusan Teknik Elektromedik harus senantiasa memantau perubahan yang terjadi agar tidak getting cooked oleh perubahan sebagaimana yang terjadi

Untuk dapat berperan dalam masyarakat, organisasi jurusan Teknik Elektromedik harus menjadi dirinya bermakna/bermanfaat bagi masyarakat yang dilayani. Untuk dapat bermanfaat, organisasi jurusan Teknik Elektromedik harus menghasilkan suatu value/nilai bagi masyarakat yang dilayaninya.Oleh karena itu rumusan misi organisasi jurusan Teknik Elektromedik harus ditujukan untuk menjadikan organisasi jurusan Teknik Elektromedik bermanfaat bagi masyarakat, bukan bagi organisasi jurusan Teknik Elektromedik itu sendiri.

Dalam merumuskan misi organisasi jurusan Teknik Elektromedik berdasarkan asumsi tentang lingkungan yang dihadapi organisasi jurusan Teknik Elektromedik, seperti yang diuraikan diatas misi organisasi jurusan Teknik Elektromedik dirumuskan berdasarkan atas menjawab nilai –nilai dasar sebagai berikut ;

  1. Bagaimana asumsi terhadap lingkungan yang akan dilayani
  2. Kebutuhan apa yang akan dipenuhi
  3. Siapa costumer organisasi jurusan Teknik Elektromedik
  4. Dalam urusan apa organisasi jurusan Teknik Elektromedik berada
  5. Apa yang terbaik organisasi jurusan Teknik Elektromedik lakukan dalam melayani costumer

Manfaat Pelayanan Elektromedis merupakan bagian dari pelayanan kesehatan  yang memerlukan dukungan tenaga yang profesional sehingga diperlukan pendidikan  Teknik Elektromedik yang menghasilkan tenaga elektromedis yang professional dalam mengantisipasi permasalahan peralatan elektromedik yang muncul . Untuk mengantisipasi Peningkatan dan perkembangan IPTEK dalam pelayanan kesehatan akan ditunjang oleh  peralatan yang semakin canggih pula, sehingga mutu dan tenaga yang akan menangani peralatan tersebut dituntut berkembang secara professional serta peningkatan penydiaan dan pendidikan bagi tenaga elektromedis (Institusi Pendidikan  Teknik Elektromedik).  Adapun suatu usaha untuk menghasilkan Tenaga Elektromedis yang berperan sesuai dengan profesinya, diperlukan suatu program pendidikan Teknik Elektromedik berjenjang dan berlanjut sesuai usaha pelayanan kesehatan dan kemajuan dunia pengetahuan serta teknologi di bidang kesehatan yang terus berkembang.

Profil lulusan Program Studi yang dibutuhkan oleh (Masyarakat, Pengembangan keilmuan, Profesi,Bidang pekerjaan, atau Bidang keilmuan dan keahlian )

Adalah calon-calon tenaga elektromedik yang professional yang mampu menjaga secara etika profesi  nama baik almamater dalam menjalankan tugas yang diembannya sesuai dengan hal – hal tersebut dibawah ini

Mempunyai Kompetensi sbb :

  1. Mampu  mengembangkan diri dan menjadi insan beriman,bertaqwa,
  2. Mampu berkomunikasi dan menulis laporan dengan bahasa indonesia  yang baik dan benar.
  3. Berperilaku sesuai dengan etika dalam melakukan profesi sebagai teknik elektromedik.
  4. Melakukan tugas perencanaan pemasangan,pemeliharaan, perbaikan dan kaibrasi alat elektromedik, laboratorium klinik dan radiologi.
  5. Mampu melakukan penerapan komponen komponen elektronika bagian analog dan digital dalam peralatan elektromedik, laboratorium klinik dan radiologi
  6. Mengetahui cara menerapkan dan memadukan fungsi pembentukan peralatan kesehatan dengan sistem software dan hardware.
  7. Mengenal manajemen, dalam mengaplikasikan keahlian dalam lingkungan kerja teknik elektromedik di industri dan instalasi pemeliharaan sarana rumah sakit.

Mempunyai Peran lulusan sbb :

  1. Pelaksana layanan Elektromedis bekerja sebagai Tenaga Elektromedis yang profesional.dalam pelayanan Elektromedis pada tatanan pelayanan kesehatan.
  2. Pengelola Pelayanan Elektromedis bekerja sebagai Tenaga Elektromedis yang profesional dalam suatu tim baik sebagai pimpinan atau anggota dan mampu berinteraksi dalam lingkungan tim tersebut atau mengadakan interaksi antara tim dengan tim atau kelompok lainnya.
  3. Pendidik dalam bidang teknik elektromedik
  4. Pembantu penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang teknik elektromedik yang profesiona! untuk kepentingan pengembangan dan penelitian peralatan elektromedik.

Mempunyai Fungsi lulusan

  1. Melaksanakan indentifikasi, perencanaan dan pengadaan kebutuhan peralatan kesehatan.
  2. Melaksanaan pengelolaan dalam pemeliharaan dan perbaikan serta pengawasan peralatan kesehatan.
  3. Melaksanakan pengujian kualitas dan fungsi peralatan teknik elektromedik.
  4. Melaksanaan pengawasan fungsi dan pemakaian serta keselamatan kerja peralatan kesehatan.
  5. Melaksanakan bimbingan penyuluhan pada pengguna jasa peralatan elektromedik
  6. Melatih dan membina tenaga kesehatan yang menggunakan peralatan elektromedik
  7. Mengidentifikasi masalah yang perlu diteliti atau dipelajari, serta merencanakan studi khusus guna meningkatkan pengetahuan dan mengembangkan ketrampilan yang berkaitan dengan profesinya.
  8. Bekerja sama dengan tim kesehatan lainnya yang terlibat dalam memberikan pelayanan kesehatan sesuai pemakaian dan penggunaan peralatan kesehatan.
  9. Mengelola peralatan elektromedik dan berperan langsung dalam melaksanakan kegiatan pengelolaan alat elektromedik

Aspek Spesifikasi

Posisi Program Studi yang diusulkan terhadap bidang ilmu di tingkat internasional dan nasional

Bidang kajian yang menjadi pokok dari PS. Dan  Konstelasinya terhadap bidang ilmu lainnya

 



 

Informasi Lowongan

1,079,775 hitsVisitors Counter